BNN – Muhammadiyah Sepakat Berantas Narkoba

BNN – Muhammadiyah Sepakat Berantas Narkoba

Penandatanganan nota kesepahaman merupakan salah satu langkah yang ditempuh Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Sebagai salah satu negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, BNN turut melibatkan organisasi islam, dalam hal ini Muhammadiyah, untuk terlibat dalam upaya P4GN di Indonesia.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh Kepala BNN, Heru Winarko dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, yang dilakukan di Kantor Pimpinam Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/8), BNN dan Muhammadiyah sepakat untuk bersinergi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Ruang lingkup kerjasama keduanya meliputi Penyebarluasan informasi dan edukasi tentang P4GN, pengembangan muatan materi bacaan tentang bahaya penyalahgunaan narkotika, pembentukan Relawan Anti Narkoba di lingkungan Muhammadiyah, Pelaksanaan tes uji Narkoba secara mandiri, serta pelaksanaan rehabilitasi.

BNN Menilai kerjasama ini memiliki potensi yang sangat besar, mengingat Muhammadiyah merupakan organisasi islam yang besar dan mempunyai kepengurusan sampai ke tingkat Kecamatan. Muhammadyah juga memiliki fasilitas layanan kesehatan serta lembaga pendidikan sampai dengan tingkat perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini menjadikan Muhammadiyah sebagai lembaga yang sangat strategis dalam mendukung upaya P4GN terutama dalam memberikan sosialisasi P4GN kepada masyarakat.

Kedepannya, BNN berharap agar nota kesepahaman ini dapat segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah nyata melalui berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan penanganan dan permasalahan narkoba di Indonesia. DEDI-BIRO HUMAS DAN PROTOKOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *