Bisa Fatal, Pekerjaan Rehab Total di SDN 09 Sunter Jaya, Jakarta Utara Abaikan SOP dan K3

Bisa Fatal, Pekerjaan Rehab Total di SDN 09 Sunter Jaya, Jakarta Utara Abaikan SOP dan K3

PEKERJAAN rehab total sekolah yang dikerjakan kontraktor PT. Bangun Cipta Kontraktor (BCK) pada beberapa sekolah di Jakarta, terpantau sering tidak memperhatikan Standar Operasional Pekerjaan (SOP), termasuk mengabaikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan safety.

Padahal, perusahaan kontraktor tersebut sudah tergolong kontraktor kelas atas. Akan tetapi dalam kenyataannya, pihak BCK kerap kali tidak memperhatikan keselamatan para pekerja dalam pembangunan proyek-proyeknya yang bernilai miliar tersebut.

Seperti halnya proyek pengerjaan rehab total Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Sunter Jaya, Jakarta Utara. Saat didatangi awak media BN, didapati dari sekian banyak pekerja tidak ada yang menggunakan helm keselamatan yang masuk dalam K3.

Begitu juga dengan pekerjaannya, terpantau dalam pekerjaan rehab total tersebut banyak yang tak sesuai spesifikasi yang ada. Contoh pada pekerjaan pagar, pihak PT. BCK membuat akal-akalan dengan menggunakan pondasi pagar yang lama. Begitu juga tiang pada pagar, yang seharusnya dicor tapi oleh pihak BCK hanya ditempel dengan bata ringan.

Pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi ini, tentunya bisa berdampak fatal bagi siswa-siswi yang sekolah di sekolahan tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan, suatu saat pagar akan roboh lantaran tidak menggunakan pondasi yang kuat. Sedangkan kekuatan suatu bangunan dapat dilihat dari kekuatan pondasi.

Sementara pada saat dikonfirmasi di lokasi, sayangnya hanya pihak keamanan yang datang menemui awak media. Sedangkan menurut keterangan pihak keamanan karyawan PT. Bangun Cipta Kontraktor saat itu sedang tidak berada di lokasi. GP/ED – JAKARTA

Facebook Comments
Baca Juga:  Tiga Kali, Club Malam Holywings Golf di Surabaya "Kangkangi" Protokol Kesehatan