Asal Jadi, Pembangunan Pasar Kuliner Barunak Tanjung Tahap II Terindikasi KKN

Asal Jadi, Pembangunan Pasar Kuliner Barunak Tanjung Tahap II Terindikasi KKN

PEMBANGUNAN Pasar Barunak Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan terindikasi KKN. Berdasarkan investigasi dan temuan bhayangkaranusantara.com di lapangan, Rabu (19/2/20), terlihat bangunan hasil pekerjaan yang saat ini telah berdiri itu asal jadi.

Hal ini diperkuat informasi dari masyarakat bahwa kondisi Pasar Barunak saat ini mulai mengalami kerusakan dan bocor pada saat hujan, sehingga air dari atas masuk ke area pasar bawah yang saat ini digunakan pedagang kuliner berjualan.

Masyarakat juga mengatakan, area tersebut sering terjadi banjir yang diduga akibat dari rusaknya plafon dan cor dak atas serta kecilnya pipa saluran pembuangan air.

Padahal pembangunan pasar 2 lantai Tahap ke II yang dikelola Dinas Perindag Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan bidang Pasar tersebut menelan biaya lebih dari 6 miliar rupiah.

Dengan anggaran sebesar itu tentu jadi pertanyaan masyarakat, kalau pekerjaannya hanya bisa menyelesaikan pondasi dan kerangka tiang cor untuk 2 lantai yang hasilnya amburadul. Itupun baru selesai dikerjakan Tahap I dengan biaya kurang lebih 2,6 miliar.

Sementara PPTK Tahap II dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong Kalsel yang akrab dipanggil “Pak Parid” saat dikonfirmasi bhayangkaranusantara.com di kantornya membenarkan adanya kerusakan dan kebocoran yang terjadi di Pasar Barunak Tanjung.

PPTK juga mengatakan, hal ini juga terjadi akibat kecilnya saluran pipa pembuangan air serta pembangunan Tahap I dan II tidak sinkron alias tidak pas. PPTK juga sudah meminta kepada pihak pemborong untuk memperbaikinya.

Namun sampai berita ini diturunkan belum juga ada tindak lanjut pelaksananya. Padahal proyek tersebut sudah dianggap selesai, tapi belum setahun pembangunan Pasar Kuliner Barunak Tanjung sudah rusak.

Ada indikasi proyek pembangunan ini dikerjakan asal-asalan karena adanya kongkalikong, dan konsultan perencanaannya juga tidak berkualitas.

Baca Juga:  Lahan TPU di Jakarta Timur Jadi "Buah Bibir", Warga Cakung Barat Tolak Jenazah Penghuni Rusun

Masyarakat seputar pasar berharap, pihak penegak hukum mulai dari Penyidik Mabes Polri, Kejagung dan KPK RI dapat menindaklanjuti masalah pembangunan pasar yang berlokasi di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan ini jiks benar ada indikasi praktek KKN di dalamnya. SP – KALSEL

Facebook Comments
%d bloggers like this: