Altar AKABRI ’89 Gelar Baksos, Target 12.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Pesisir Pantai Ini…

Altar AKABRI ’89 Gelar Baksos, Target 12.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Pesisir Pantai Ini…

KETUA Altar (Alumni Taruna) AKABRI ’89 Mayjen TNI Rudianto didampingi Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto, SH, MH menyerahkan bantuan sosial berupa sembako sebanyak 12.000 paket yang akan dibagikan kepada masyarakat pesisir pantai, bertempat di POSAL Tanjung Pasir, Tangerang, Banten, Sabtu (15/8/20).

Turut serta dalam kegiatan ini di antaranya Asrena Kasau Marsda TNI Andyawan MP, Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, Brigjen TNI Mar Nur Alamsyah selaku koordinator kegiatan, Ketua Icarus Danlanud ATS Marsma TNI Eding Sungkana, Laksda TNI Cokky Hutabarat, Kakorbinmas Baharkam Polri Risyapudin Nursin, SIK dan beberapa pejabat lainnya.

Kegiatan ini salah satu implementasi guna menindaklanjuti pidato Presiden RI Joko Widodo pada 14 Agustus 2020, yang menekankan, “Ketika krisis kesehatan berdampak pada perekonomian Nasional, kita harus cepat bergerak”.

“Memberi bantuan sosial melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT Desa, subsidi gaji, membantu UMKM memperoleh restrukturisasi kredit, dan membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK,” kata Presiden dalam pidatonya.

Untuk itu, TNI-Polri Alumni AKABRI angkatan ’89 yang ada di seluruh Nusantara akan hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak Covid-19, termasuk wilayah wilayah pesisir pantai yang ada di seluruh Nusantara.

Tak hanya menyalurkan paket sembako saja, Altar AKABRI ’89 juga menyalurkan masker yang merupakan kebutuhan mendesak bagi masyarakat untuk segera digunakan. Masker sebanyak 112.000 pcs tersebut akan disalurkan kepada TNI -AD 15.000, TNI-AL 15.000, TNI-AU 15.000, Polri 15.000, Polsek Teluk Naga 3500, Koramil Teluk Naga 3500, POSAL Tanjung Pasir 3500, AKMIL 10.000, AAU 10.000, AAL 10.000, AKPOL 10.000 dan kepada warga masyarakat Tanjung Pasir dan Teluk Naga sebanyak 2000 pcs.

Baca Juga:  Kapolri Sematkan Bintang Bhayangkara Pratama kepada 26 Perwira Tinggi Polri

Sementara agar tidak melanggar protokol kesehatan, pembagian masker kepada warga masyarakat Tanjung Pasir dibagi menjadi empat titik, yang pertama titik MOROGAMA (lapangan parkiran mobil) jarak 100 meter dari pintu keluar POSAL Tanjung Pasir, warga sekitar akan menerima masker estimasi massa ± 50 orang dengan penanggung jawab Udrat.

Yang kedua DESTA (Indomaret Tanjung Pasir) jarak 650 meter dari titik 1, warga menerima masker estimasi massa ± 50 orang dengan penanggung jawab Emi, anak dari Ketua RT 05, Tohir.

Ketiga ICARUS (Gerbang Mangrove Pemda) jarak 300 meter dari titik 2, warga menerima masker estimasi massa ± 50 orang dengan penanggung jawab Mandor Ulung, dan yang keempat DHARANA LASTARYA (Kantor Kepala Desa Tanjung Pasir) jarak 1,5 Km dari titik 3, warga menerima masker estimasi massa ± 50 orang dengan penanggung jawab Mandor Siwang.

Sebelumnya, Altar ’89 juga memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dalam bentuk bantuan dengan cara bedah rumah. Bantuan sosial yang diberikan kepada warga masyarakat disesuaikan dengan kebutuhan pokok yang diperlukan.

Kegiatan Baksos ini tak hanya pada hari ini saja, tetapi akan terus berkelanjutan. Hanya sasarannya bisa berubah, misalnya ada korban banjir, gempa bumi, dan bencana alam lainnya.

“Pada hari ini kami, altar angkatan tahun 1989 untuk yang ketiga kali sejak bulan Juni dan Agustus ini melakukan baksos,” kata Mayjen TNI Rudianto kepada Awak Media di Tanjung Pasir, Teluknaga Tangerang.

Rudianto menjelaskan, bakti sosial yang ketiga ini dilakukan di enam wilayah pesisir di antaranya, Banten, Cilacap, Cirebon, Tegal, Kupang dan Sorong, yang penyalurannya akan dikirim melalui angkutan laut milik TNI AL.

Baca Juga:  Altar AKABRI '89 Kirim Bantuan 4600 Paket Sembako ke NTT dan Ambon dengan Pesawat Ini

Selain penyaluran sembako dan masker, Altar ’89 juga melakukan rapid test dan sosialisasi tentang pemahaman pandemi Covid-19, bagaimana penularan, mengatasi, bagai mana mengobatinya.

“Tadi didapati, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang pandemi Covid-19, beberapa pertanyaan yang disampaikan dokter tadi, rata-rata masyarakat tidak mengerti,” tuturnya.

Altar ’89 berharap dengan pemberian sembako dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. “Bantuan ini mungkin tidak besar dan banyak, tetapi paling tidak dapat membantu masyarakat dan mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan, mohon doa restu agar kegiatan kemanusian ini dapat terus kita lakukan,”pungkasnya.

Dalam baksos kali ini, empat angkatan Altar AKABRI ’89 yang terjun ke Tanjung Pasir, Tangerang, Banten di antaranya, Angkatan Darat (DESTA): Mayjen TNI Rudianto, Brigjen TNI M Hasan, Mayjen TNI Sapriadi, Brigjen TNI Toto Nugroho, Brigjen TNI Lutfi Beta, Brigjen TNI Fauzi Rusli, Brigjen TNI Rifki, Kolonel Inf Arkamelvi, Kolonel Inf Slamet Riyadi, Kolonel Kav Robert Owen, Kolonel Inf A. Mulyono.

Angkatan Laut (MOROGAMA): Laksda TNI Cokky Hutabarat, Laksda TNI M. Ali, Laksma TNI Rubiyanto, Laksma TNI Denih Hendrata, Laksma TNI P Rahmad Wahyudi, Kol. Laut E. Panca, Kol. Laut Yulius, Kol. Laut Halili, Kol. Laut Riandani, Kol. Laut Hari Muljadi Kol. Laut Kriswibowo, Kol. Mar Gozali.

Angkatan Udara (ICARUS): Marsda Andyawan MP, Marsma TNI Eding Sungkana-Danlanud ATS, Marsma TNI Mujianto-Kadiswatpersau, Marsma TNI Elyanto -Waasrenum Panglima TNI, Marsma TNI Hadi S-Widyaiswara BIN, Marsma TNI Yudi B-Pati Sahli TK II Panglima TNI, Kol. Suroto, Kol. Andhi Herwanto, Kol. Budi Sutriarso Kol. Roland, Kol. Nawa, Kol. Petrus, Kol. Wahyu, Kol. Nelson dan Kol. Yohanes Pitono.

POLRI (DHARANA LASTARYA): Komjen Pol. Agus Andrianto, Irjen Pol. Suntana, Irjen Pol. A. Dofiri, Irjen Pol. Risyapudin Nursin, Irjen Pol. Sang Made M, Brigjen Pol. Chrysnanda, Brigjen Pol. Andhik Hartoyo, Brigjen Pol. Yehu Wangsa, Brigjen Pol. Umar Farouq, Brigjen Pol. Joko Purwanto, Brigjen Pol. Ermayudi, dan Brigjen Pol. Puja Laksana.

Baca Juga:  Sinergi dengan KBPPP, Korbinmas Baharkam Polri Kembali Bagikan Sembako untuk Terdampak Covid-19

Selain itu ada juga Kombes Pol. Mashudi, Kombes Pok. Didiek, Kombes Pol. Andreas, Kombes Pol. Dwi Suseno, Kombes Pol. Nanang Purnomo, Kombes Pol. Iman Raharjanto, Kombes Pol. Saiful Rahman, Kombes Pol. Yaya Ahmudiarto, Kombes Pol. Nurhadi, Kombes Pol. Yudi Hartanto, Kombes Pol. Nuryadi Purtono, Kombes Pol. Adang Ginanjar, Kombes Pol. Franky HP, Kombes Pol. Agus Pranoto, Kombes Pol. Agus Kurtubi, Kombes Pol. Gatot Wahyudi, Kombes Pol. Robert Haryanto W, Kombes Pol. Gagas Nugroho, Kombes Pol. Heru Pratondo, Kombes Pol. Toni Sinambela, Kombes Pol. Wibowo, Kombes Pol. Hermanto, Kombes Pol. Zainal Abidin, Kombes Pol. Suharjo, Kombes Pol. Zulkifli, Kombes Pol. Bambang dan Kombes Pol. Jebul Jatmoko. BN01 – BANTEN

Facebook Comments
%d bloggers like this: