4 Langkah Mudah Cek Hoaks

4 Langkah Mudah Cek Hoaks

 2 total views,  2 views today

Serupa virus, berita palsu atau berita hoax (hoaks) juga sangat cepat menyebarnya. Umumnya, berita hoax mudah dan cepat menyebar melalui media sosial dan pesan berantai di instant messanger (IM). Orang-orang yang menerima pun sering kali langsung memercayainya tanpa melakukan cross check terlebih dahulu.

Padahal, berita yang diterima belum tentu benar keberadaannya atau bahkan sama sekali salah. Mungkin kamu pernah menjadi salah satu bagian dari korban berita hoaxTak jarang, berita hoax juga memakan korban. Masih ingat dengan berita seorang pria yang sedang mencari sanak saudaranya di Pontianak diamuk masa hingga tewas karena dikabarkan sebagai penculik? Mungkin itu hanya segelintir. Masih banyak berita-berita nggak jelas yang memakan korban.

Kamu pasti nggak mau, dong, jadi korban berita hoax? Untuk itu, selalu pastikan jika berita atau pesan berantai yang kamu terima adalah benar. Dikutip dari Tagar.id pada artikel berjudul Empat Langkah Mudah Cek Berita Hoax atau Bukan, Dimaz Fathroen, seorang praktisi anti hoax sekaligus alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), menjelaskan bahwa sebuah berita yang diterima bisa dicek kebenarannya dengan empat cara. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Cek Berita Hoax atau Tidak

Pertama, sebuah berita bisa diduga hoax ketika mengandung lima tanda. Seperti ada kata “sebarkanlah!”, “viralkanlah!”, dan sejenisnya; menggunakan huruf besar dan tanda seru; merujuk pada kejadian dengan istilah waktu yang tak jelas, seperti kemarin, dua hari yang lalu, atau seminggu yang lalu; jika ada tautan berita asal, beritanya berbeda bahkan tautannya sudah tidak ada; biasaya, tautan berita asal bukan fakta melainkan lebih kepada opini seseorang.
Kedua, kamu bisa cek di mesin telusur Google terkait berita yang inginkan diikuti kata “hoax” di belakangnya. Sebab, jika berita yang kamu terima memang hoax, maka kamu akan bertemu dengan pembahasannya. Cari dengan keyword unik di Google untuk memudahkan kita menemukan sumber berita yang asli.
Ketiga, kalau kamu menemukan berita diduga hoax dengan gambar di laptop atau personal computer (PC), maka kamu bisa langsung mengecek gambar yang ada. Caranya, save terlebih dahulu gambarnya, kemudian cari gambar sejenis di https://images.google.com/. Pada beberapa case ada artikel-artikel lain dengan gambar yang sama.
Keempat, kunjungi situs Hoax Analyzer, untuk mengecek hoax atau tidaknya sebuah berita yang kamu terima.
Mudah, bukan? So, mulai sekarang, yuk kita luangkan waktu untuk mengecek kebenaran berita yang kita terima sebelum membagikannya pada orang lain. Jangan sampai berita-berita yang belum jelas kebenarannya memakan korban untuk percaya. Be smart!. Turnbackhoax86
Facebook Comments
Baca Juga:  Walikota dan Ketua DPRD Sorong Diterpa Isu, Ini Reaksi Keras Dirwaster L-KPK Teritorial Papua Barat 
%d bloggers like this: