Polsek Ogan Ulu Polres OKU Giat Patroli Karhutla Gabungan

Polsek Ogan Ulu Polres OKU Giat Patroli Karhutla Gabungan

Kepolisian Resor (Polres) OKU, Polda Sumatera Selatan melalui Polisi Sektor (Polsek) Ulu Ogan mengadakan giat patroli Karhutla gabungan, bersama para Bhabinsa anggota TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 12.00 Wib sampai dengan selesai ini, bertempat dengan rute patroli Desa Mendingin dan Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU, Senin (15/7/19).

Giat patroli gabungan tiga pilar tersebut dilaksanakan menggunakan kendaraan roda 2. Diikuti 3 orang Bhabinsa anggota TNI Kecamatan Ulu Ogan yakni Sertu Rijal, Sertu M. Arifin, Serda Joko Suherlan ditambah 2 orang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ulu Ogan, Brigpol Septian dan Brigpol Fredy Spk Polsek Ulu Ogan. Sementara 3 orang Personil dari Damkar Kecamatan Ulu Ogan yaitu Syarul, Missta dan Irmilik.

Hal ini disampaikan Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Ulu Ogan Ipda Eddi Hernata yang mengatakan patroli Karhutla tiga pilar dilaksanakan berdasarkan maklumat Gubernur Sumsel bersama Kapolda dan Pangdam II/SWJ dengan nomor 022/SPK/BPDB.55/2019 dan Nomor MAK/04/VII/2019 juga Nomor MOU/08/VII/2019 tentang larangan pembakaran hutan, lahan atau ilalang/semak belukar.

“Selain itu, dengan dilaksanakan giat ini berujuan untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga kebun dimusim kemarau. Yang mana khususnya di wilayah titik rawan Karhutla di Desa Mendingin, Ulu Ogan,” terang Ipda Eddi Hernata.

Dijelaskannya, di saat cuaca panas dan kering biasanya aktifitas warga aktip melakukan rutinitas di kebun. Maka dari itu pihaknya sering melakukan tindakan giat himbauan terhadap warga dan masyarakat yang aktif beraktifitas di kebun, untuk tidak melakukan serta mengawasi terjadinya timbul titik api yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Saat ini kita di pertengahan tahun masuk dalam musim kemarau, jelas ini sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu selain Bhabinkamtibmas agar personel lain juga aktif memberikan imbauan kepada masyarakat, supaya tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Karena hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, maka dari itu adapun hal yang sering kami lakukan yaitu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada warga dan petani, khususnya di wilayah Polsek Ulu Ogan,” ungkap Kapolsek Ulu Ogan, Ipda Eddi Hernata. Sumarni – OKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *