Dirbinmas Polda Metro Silaturahmi dengan Imam Besar Masjid Istiqlal

Dirbinmas Polda Metro Silaturahmi dengan Imam Besar Masjid Istiqlal

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya didampingi Kasubdit Bintibsos AKBP Jajang Hasan Basri melaksanakan tugas subsatgas Kemitraan Satgas Nusantara Polda Metro Jaya, bertempat di Masjid Istiqlal Jakarta pada hari Senin (21/01/2019).

Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya bersilaturahmi dengan Tokoh Agama Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar M.A.

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar M.A. menerangkan, bahwa dalam mengelola Masjid Besar ini tidak gampang, contoh riil yang terjadi berapa kali Aksi Umat Islam selalu menjadikan dan Sentralnya adalah Masjid Istiqlal.

“Beberapa hal yang perlu diantisipasi dalam menghadapi mereka adalah kesediaan air untuk wudhu dan MCK. Belum lagi soal makan dan minum mereka. Yang menginap di Masjid ini pertama hampir sejumlah 30.000 an, saya berusaha menyiapkan mereka makan dan beberapa Tangki Air,” katanya.

Masjid ini harus netral dari urusan politik dan kepentingan, lanjut lanjut KH. Nasaruddin. “Maka saya berlakukan beberapa hal diantaranya larangan membawa mobil Sound System kedalam area Masjid termasuk milik Polri, karena akan benturan dengan suara utama dari Masjid. Dan dilarang membawa bendera atau atribut apapun ke area Masjid demi menghindari kepentingan kelompok tertentu,” imbuhnya.

Menurutnya, ada kelompok ummat yang masih apriori terhadap Polri sampai apapun yang dilakukan Polri selalu salah, lalu pelan-pelan saya bilang dengan mereka. “Jangan apriori terus dengan Polri, bahwa Polri saat ini sudah banyak berbeda, coba saja, sudah banyak anggota Polri yang hapal Asmaul Husna, Shalawat Badar dan lain lain. Coba kalian, belum tentu hapal semua…” cetusnya.

“Sementara posisi saya pun haruslah netral dan berada di kelompok manapun. Jangan heran ada yang bertanya, kok Kyai disana ada, disini juga ada,” terangnya.

Di kesempatan lain, Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar M.A. mengatakan, “Mohon Do’anya Kyai, tugas saya sebagai Dirbinmas maupun Polri secara umum dalam menjalankan tugas.”

Pihaknya berharap melalui kyai, ummat dan bangsa ini tetap solid demi bangsa dan negara. “Kami selalu siap mendampingi masyarakat dimanapun,” tegas Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya. Maulana/Zuneth – Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *