Batalyon 14/Kemang Gelar Save Kars Ciampea

Batalyon 14/Kemang Gelar Save Kars Ciampea

Batalyon 14/Kemang Grup 1 Kopassus menggelar kegiatan penanaman pohon Save Kars Ciampea bertajuk “Atas Dasar Manusia, Datanglah dengan Membawa Cinta untuk Alam Semesta”, Sabtu (29-30/12/18) bertempat di Ekowisata Kars Gunung Kapur Puncak Batu Roti, Bogor.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun Batalyon 14/Kemang Grup 1 Kopassus ini banyak melibatkan para pencinta alam seperti dari Poporos Adventure dan masyarakat umum di bawah komando Kopassus selaku panitia acara.

Adapun tujuannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan dan menjaga ekosistem yang ada di sekitar. Banyak yang dilakukan dalam giat ini, salah satunya perawatan pohon dan opsih (bebersih sampah gunung).

Pada kesempatan tersebut Komandan Batalyon 14/Kemang Group 1 Kopassus Mayor Galih Bramantyo mengatakan,
kegiatan ini akan terus digelar dengan memberikan pemahaman dan musyawarah kepada masyarakat untuk bisa bersinergi bersama organisasi maupun pencinta alam yang ada di sekitar Gunung Kars ini.

“Kita harus melestarikan dan menjaga ekosistem yang ada di sekitar kita untuk tetap lestarinya alam ini,” tuturnya mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Lembaga Adat Tatar Sunda, Diansyah Putra Gumay yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pelestarian hutan ini merupakan tanggungjawab bersama dan bukan hanya para pegiat pencinta alam.

Di samping itu, kata Gumay, masyarakat juga harus bisa saling bersinergi, karena menanam sebatang pohon itu lebih baik dan bernilai ibadah.

“Karena kelak yang akan menikmati anak cucu kita,” kata Gumay yang saat ini juga menggawangi organisasi Gemantara Raya bersama para aktivis dan pegiat seni. Editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *