Kapolres OKU Pantau Langsung Pengamanan Malam Natal

Kapolres OKU Pantau Langsung Pengamanan Malam Natal

Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari melakukan pengamanan di malam perayaan Natal umat Kristiani dengan berpatroli memantau langsung ke setiap Gereja di wilayah hukum Polres OKU. Yang mana Kapolres terjun langsung bersama Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Wakapolres OKU Kompol Nurhadiansyah, Kasatreskrim AKP Alex Andriyan, Kasat Pol PP Agus Salim, Dansubdenpom II/4-4 Baturaja Kapten CPM Gatot Udiyono, Dishub Pemkab OKU, Orari berserta beberapa pihak terkait lainnya.

Kegiatan apel gabungan ini dimulai pada pukul 18.30 Wib, Senin malam (24/12/18), sampai dengan selesai, dengan melakukan patroli bersama tim gabungan guna memantau situasi Kamtibmas supaya selama perayaan ibadah Natal berlangsung dipastikan keamanannya. Pada kesempatan ini Kapolres OKU bersama unsur Muspida lainya selalu menyempatkan waktu berdialog ketika mendatangi satu persatu Gereja saat bertemu dengan para jemaat beserta Pendeta dan tokoh umat kritiani yang merayakan hari Natal.

Selama perayaan ibadah Natal berlangsung personel Polres OKU yang melaksanakan Pengamanan dibantu oleh Babhinsa dari Kodim 0403/OKU juga pemuda Gereja yang selalu bekerja sama untuk menjaga agar situasi tetap kondusif. Yang mana saat itu diketahui semua umat Kristen sudah melakukan ibadah di setiap gereja yang ada di OKU.

Demi menjaga keamanan selama perayaan Natal berlangsung, Kapolres mengerahkan timnya dengan membentuk tim khusus yang berjumlah 78 anggota bersenjata lengkap. Tujuannya memberi rasa aman bagi warga OKU, mulai dari Baturaja sampai perbatasan OKU Timur, kemudian Baturaja sampai perbatasan Muara Enim dan wilayah Baturaja sampai dengan perbatasan OKU Selatan.

“Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi para begal dan pelaku kriminal lainnya jika ada yang ingin mengacau. Kami berharap perayaan setiap di perayaan Natal bebas dari zero begal ataupun pelaku kejahatan lainnya di Kabupaten OKU. Dan yang paling kita awasi, rentan terjadinya begal dan kejahatan biasanya di jalan lintas Sumatera dan daerah keramaian di pusat kota Baturaja. Maka dari itu kita dirikan pospam Natal dan tahun baru setiap titik tersebut ,”kata Kapolres.

Diungkapkannya, personel yang diterjunkan pada pengamanan Natal dan tahun baru, sesuai seprin sebanyak 249 personel,  ¾ personel, namun yang tidak termasuk diseprin tersebut jumlahnya banyak ,”Jadi kita juga melibatkan semua elemen termasuk masyarakat yang bersinggungan langsung dengan kegiatan Natal ,”paparnya sambil mengingatkan kepada pelaku Begal dan pengacau lainnya “Jangan coba-coba membuat kekacauan di wilayah OKU, pasti akan ditindak tegas bagi pelaku kriminal yang bermain di wilayah OKU”.

Kapolres menjelaskan, Untuk wilayah Kabupaten OKU terdapat 19 Gereja yang di amankan, sampai saat ini, kegiatan umat Nasrani untuk melaksanakan Kebaktian atau Misa merayakan Natal tahun 2018 berjalan baik dan lancar. Semua personel juga dalam keadaan siap dan sehat, yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Pemkab OKU, Dishub, Satpol PP, dan tim kesehatan beserta Satgas tanpa terkecuali Ormas islam ikut membantu pengamanan jalan Natal.

“Situasi saat ini secara umum berlangsung aman, berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan. Untuk meningkatkan keamanan dan pengendalian situasi, kami juga melaksanakan patroli gabungan dibantu dari jajaran Kodim 0403/OKU dan Timsus yang bersenjata lengkap,” tutup Kapolres. ✓Sumarni – OKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *