Operasi BNN RI September – Oktober Bongkar Penyelundupan Narkoba dari Malaysia

Operasi BNN RI September – Oktober Bongkar Penyelundupan Narkoba dari Malaysia

HASIL operasi Badan Narkotika Nasional (BNN RI) sejak pertengahan September s.d awal Oktober 2018 telah berhasil mengungkap beberapa kasus narkoba di berbagai tempat.

Tercatat pada 26, 29 September sampai dengan 7 dan 11 Oktober 2018, BNN telah menangkap para pelaku dengan TKP yang berbeda, mulai dari Jakarta, Merak, Cilegon sampai Tarakan dengan jumlah tersangka sebanyak 17 orang. Adapun barang bukti yang didapat di antaranya sabu lebih kurang 14,5 kg dan ekstasi 63.500 butir.

Dalam menjalankan aksinya, banyak rupa modus operandi yang para pelaku lakukan. Seperti penangkapan yang terjadi baru baru ini, umumnya, narkotika baik sabhu maupun ekstasi diselundupkan dari Malaysia melalui jalur laut menuju aceh, Dumai dan Tarakan untuk kemudian dibawa ke Jakarta, Medan dan beberapa kota di Kalimantan untuk diedarkan.

Sementara para kurir menyelundupkan narkotika dengan cara terpisah dari beberapa titik pemberangkatan dan tujuan yg berbeda-beda, yang biasa disebut dengan “shot gun”.

Setelah mendapat info tersebut, BNN melakukan penyelidikan yang berujung penangkapan, baik pada saat tiba di pantai Indonesia, di gudang maupun dalam perjalanan, sesuai TKP tersebut.

Dalam kasus penangkapan di Cilegon, barang bukti yang berhasil diamankan berupa ekstasi sebanyak 63.500 butir yang melibatkan 2 tersangka oknum TNI AD berinisial Kopda ED dan Praka RD dari kesatuan Kodam 1 BB.

Dalam operasi penangkapan kali ini BNN RI juga bekerjasama dengan petugas dari TNI AD. Kepada kedua tersangka oknum anggota TNI tersebut saat ini telah diserahkan dan disidik oleh POM TNI. Sementara untuk pengendali dan pemilik ekstasi diketahui bernama Me’eng, salah seorang narapidana yang saat ini mendekam di Lapas Salemba.

Saat berita ini diturunkan, seluruh tersangka dan BB sudah berada di kantor BNN Cawang. “Rencananya besok Selasa 16/10, jam 09.30 akan dirilis dalam conferensi presd di gedung BNN Cawang,” kata Deputi Bidang Berantas BNN RI Irjen Pol. Arman Depari. ED – JAKARTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *