Polda NTB Apresiasi Kepedulian INTI dan Mabes Polri Terhadap Bencana di Lombok

Polda NTB Apresiasi Kepedulian INTI dan Mabes Polri Terhadap Bencana di Lombok

Kedahsyatan guncangan gempabumi berkekuatan 7,0 Skala Richter yang diikuti gempa-gempa susulan yang meluluhlantakkan Pulau Seribu Masjid, mendapat empati dari berbagai kalangan. Sabtu (25/8), Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berkunjung ke lokasi pengungsian korban gempa.

Rombongan Perhimpunan INTI dan Baharkam Mabes Polri itu berangkat dari Mapolda NTB dilepas Kapolda Irjen Pol. Drs. Achmat Juri, M.Hum. didampingi Kabid Humas AKBP Komang Suartana dan beberapa pejabat utama Polda NTB.

“Kami dari Polda NTB sangat mengapresiasi kepedulian INTI juga Mabes Polri, atas kepeduliannya terhadap bencana yang terjadi di Lombok,” ungkap Kapolda.

Sementara Kabag Opsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Drs. Ricky Wakano menyampaikan, kedatangannya bersama INTI sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama anak bangsa.

“Kami sengaja datang untuk melihat langsung kondisi saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa. Semoga kehadiran kami dapat meringankan beban mereka, dan menjadi motivasi untuk kembali bangkit,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhimpunan INTI Pusat Tedy Sugiyanto mengungkapkan bahwa selain untuk memberikan bantuan, juga untuk mengetahui kebutuhan para korban gempa.

“INTI ingin mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh korban, sehingga nantinya kami tidak asal bawa bantuan,” ungkapnya.

Setibanya di lokasi kunjungan pertama Desa Wadon Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, rombongan langsung berbaur dengan anak-anak yang sedang mendapatkan trauma healing relawan dari mahasiswa Universitas Mataram.

Di lokasi ini diberikan bantuan berupa terpal, selimut, kaos, sandal, sarung, handuk, dan teh.

Selain itu juga diberikan bantuan khusus untuk anak-anak berupa alat tulis dan snack, juga dibagikan uang masing-masing Rp 50 ribu.

Lebih jauh Ketua INTI Pusat menyampaikan, pihaknya juga memberi kesempatan kepada pelajar dan mahasiawa untuk mendapatkan beasiswa dari INTI.

“INTI akan membiayai pendidikan bagi yang mau, bahkan akan kami biayai sampai keluar negeri. Nanti akan kami umumkan,” ujarnya di depan beberapa relawan mahasiswa UNW Mataram. djr/ed/kicknewstoday

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *