FKPM Bersinar Memulai Kiprah dalam Upaya P4GN

FKPM Bersinar Memulai Kiprah dalam Upaya P4GN

Forum Komunikasi Polisi & Masyarakat Bersih Narkoba (FKPM Bersinar) melan­ tik pengurus periode 2017 – 2020. Dengan demikian, lembaga yang dibentuk Polri pada 8 Juli 2017 la­ lu dengan membawa misi Badan Narkotika Nasional (BNN) ter­se­but da­pat memulai kiprahnya da­lam upaya Pencegahan, Pembe­rantasan, Penyalahgunaan dan Pe­ r­edaran Gelap Narkoba (P4­GN).

“Kepolisian dan BNN ti­dak akan dapat bekerja sendiri tanpa ke­ter­li­batan masyarakat. Oleh kare­na itu, kami sepakat merangkul se­banyak mungkin pihak yang concern pada masalah ini dan bersedia bekerja sukarela membebaskan Indonesia dari bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang,” kata Kom­bes Pol. Drs. Muhammad Elia Wa­sono Mas­toko, SH, MM yang ber­sa­ma Dik­dik Kusnadi menjadi Peng­gagas, Pendiri serta Pembina orga­nisasi.

Data BNN menunjukkan, sedi­kitnya 5,9 juta penduduk Indonesia menggunakan narkoba, de­ngan jumlah pemakai terbanyak ada di kota-kota besar. Di Jakarta saja ter­catat, setidaknya 1,5 juta orang. Angka ini terus bertambah seiring ber­jalannya waktu, dan semakin mengkhawatirkan karena merusak generasi muda secara masif. Ting­ginya jumlah pemakai dan korban jiwa yang mencapai 15.000 per ta­hun, menurut survei BNN, t­i­dak me­nunjukkan kurangnya pe­nge­tahu­an masyarakat tentang ba­­­haya nar­koba. Riset yang dilaku­kan bekerja sama dengan Pusat Pe­nelitian Ke­sehatan Masyarakat Uni­versitas In­donesia mencatat, 80% masyarakat mengetahui bahaya dan jenis jenis narkoba.

Dikdik Kusnadi menjelaskan, FKPM Bersinar mempunyai strate­gi khusus dalam menyikapi per­ma­salahan narkoba. Pertama, memba­ngun kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba, meningkat­kan ke­­waspadaan masyarakat dan kepe­du­lian berbagai pihak. Kedua, ber­u­­paya mendorong tercipta­nya ling­­kungan bersih narkoba di berbagai segmen, antara lain di lingkungan pemeritah, swasta, pendidikan mau­pun di lingkungan masyarakat, de­ngan berbagai komunitas termasuk meningkatkan ketahanan keluarga. Ketiga, berupaya membentuk pri­ba­di yang berkarakter, memiliki ke­mandirian dengan berkarya dan ber­­ sih dari narkoba.

Ketua FKPM Bersi­nar, Dian Wisdianawati melihat kondisi ini, pihak­nya akan berge­rak mengedu­kasi masyarakat sejak usia dini dan melibatkan keluarga dalam melin­dungi anak-anak kita dari bahaya narkoba. “Sebagai akti­vis anti nar­ko­ba, kami akan melakukan tes nar­koba untuk mem­buktikan bahwa kami semua benar-benar bertekad bersih dan mem­bers­ihkan Indonesia dari narko­ba,” imbuhnya.

Lingkungan se­kolah menurut­nya, adalah salah satu tempat yang efektif dalam memberi penyuluhan tentang narkoba. Tidak hanya me­li­batkan siswa, tapi juga orang tua, se­hingga upaya pencegahan dila­ku­kan oleh keluarga secara bersa­ma-sama. Sosialisasi kepada para ibu juga menjadi sangat penting, meng­ingat pendidikan anak usia di­­ni lebih banyak dilakukan para ibu. Untuk itu, di tahap awal kebe­radaannya, FKPM Bersinar akan bekerjasama masyarakat Kabu­pa­ten Pekalongan melalui prog­ram Bina Keluarga Balita, dan Bi­na Ke­luarga Remaja.

“Tahun ini ada sekitar 80 juta anak Indonesia yang akan menja­di tiang bangsa. Kalau kita biar­kan saja mereka tergerus narko­ba, maka akan hancurlah tiang terse­but dan runtuhlah kita seba­­gai bangsa yang merdeka, berda­ulat dan berpotensi besar menja­d­i bangsa besar di dunia. Kami akan mengajak para ibu untuk membuktikan bahwa mendidik anak-anak sama dengan men­ja­ga kebaikan dunia,” ujar­nya.

Dian mengatakan, mela­wan narkoba sama seperti pe­rang de­ngan bangsa sendiri dengan mu­suh yang tidak kelihatan. Beda dengan musuh di zaman penjaja­han dulu yang bisa diperangi de­ngan senjata. “Kami akan su­sun materi-materi sosialisasi yang me­libatkan para psikolog, ahli pen­didikan, ahli hukum, kepolisian, BNN dan lain-lain agar para ke­pa­la sekolah, guru, dan komite memiliki pegangan dalam men­sosialisasikan bersih narkoba ke­­pada murid dan para orang tua,” lanjutnya. – RED – JAKARTA

WhatsApp Image 2017-09-21 at 16.20.50 WhatsApp Image 2017-09-21 at 16.21.12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *