149 Lifter PPLP & PPLPD Seluruh Indonesia Ikuti Kejuaraan Nasional Angkat Besi di Pringsewu

149 Lifter PPLP & PPLPD Seluruh Indonesia Ikuti Kejuaraan Nasional Angkat Besi di Pringsewu

 4 total views,  1 views today

Sebanyak 149 atlet angkat besi (lifter) dari 8 Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) dan 14 PPLPD se Indonesia, mengikuti Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antar-PPLP, PPLPD, dan SKO di Padepokan Angkat Besi dan Angkat Berat ‘Gajah Lampung’ di Pringsewu, 31 Oktober-5 November 2019. Mereka terdiri dari 70 lifter putra dan 79 lifter putri.

Kejurnas yang dibuka oleh Gubernur Lampung H.Arinal Djunaidi yang diwakili Sekda Provinsi Lampung H.Fahrizal Darminto di Hotel Urban Style by Front One, Pringsewu, Kamis (31/10/19) malam ini, dihadiri Bupati Pringsewu H.Sujadi beserta Ketua TP-PKK Hj.Nurrohmah Sujadi, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr.H.Zainudin Amali, M.Si. yang diwakili Asisten Deputi Sentra dan Seko Kemenpora Dr.Bayu Rahardian, Ketua Umum PABBSI Pusat yang diwakili Kabid Angkat Besi Alamsyah Wijaya, Ketua KONI Lampung Prof.Dr.Ir.M.Yusuf Barusman, Sekdispora Lampung Meladi, jajaran fokorpimda Provinsi Lampung, jajaran Pemkab Pringsewu dan muspida Pringsewu.

Pembukaan kejurnas, ditandai dengan prosesi pemukulan cethik oleh Sekda Provinsi Lampung, Bupati Pringsewu, Asisten Deputi Sentra dan Seko Kemenpora, Kabid Angkat Besi PABBSI, Ketua KONI Lampung, serta fokorpimda Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung H.Arinal Djunaidi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdaprov Lampung H.Fahrizal Darminto mengatakan olahraga angkat besi merupakan bagian tak terpisahkan dari Provinsi Lampung. Dan, menurutnya, tidak bisa berbicara angkat besi dan angkat berat, jika tidak menyebut nama Pringsewu. “Pringsewu memang tidak memiliki tambang emas. Akan tetapi, Pringsewu adalah sumber emas, khususnya dari olahraga angkat besi dan angkat berat,” katanya.
Dikatakan, pembinaan olahraga perlu dilakukan secara terus-menerus, berjenjang dan berkesinambungan, terpadu dan menyeluruh melalui proses panjang, sehingga tercipta atlet-atlet handal dan berprestasi dalam mengharumkan serta mengangkat harkat dan martabat bangsa di mata internasional.
“Kepercayaan yang diberikan kepada Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Pringsewu, selaku tuan rumah Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antar-PPLP, PPLPD dan SKO oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, merupakan suatu kehormatan dan penghargaan serta kebanggaan bagi masyarakat Lampung untuk menggelar event berskala nasional. “Mari gelorakan semangat berolahraga demi Lampung yang Berjaya, termasuk berjaya di bidang olahraga,” ajaknya.

Baca Juga:  Baznas, Pemkab dan TP PKK Kabupaten Bangkalan Sinergi dalam Penanganan Covid-19

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr.H.Zainudin Amali, M.Si., yang diwakili Asisten Deputi Sentra dan Seko Kemenpora Dr.Bayu Rahardian memberikan apresiasi luar biasa kepada Provinsi Lampung khususnya Pringsewu yang bersedia menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antar-PPLP, PPLPD dan SKO. “Kejuaraan Nasional ini merupakan bagian dari program Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan PABBSI,” katanya.

Menurutnya, hingga saat ini hanya PPLP dan PPLPD yang menjadi pelatnas seumur hidup dan berkesinambungan. “Oleh karena itu, kami men-support kegiatan ini, dan diharapkan betul-betul menjadi bahan evaluasi, dan merupakan bagian dari pembinaan jangka panjang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Bayu, hingga saat ini, yang bisa mempersembahkan medali bagi Indonesia di tingkat internasional dan olimpiade, salah satunya adalah dari cabang olahraga angkat besi. “Dan suhunya ada di Pringsewu, yakni saudara Imron Rosadi. Kepada seluruh peserta lomba, saya ucapkan selamat bertanding, serta junjung sportivitas dan fair play,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta kejurnas yang berasal dari seluruh Indonesia. Serta ucapan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga yang telah menunjuk Pringsewu sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional Angkat Besi kali ini. “Dari tahun 1960-an hingga saat ini, Pringsewu tak pernah sepi dari angkat besi. Mudah-mudahan para peserta kejurnas berkesan dengan Kabupaten Pringsewu, dan jika ada event nasional, Pringsewu siap ditunjuk lagi sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Panitia Kejurnas Angkat Besi Antar-PPLP, PPLPD dan SKO, yang juga Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Meladi, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kejurnas tersebut, adalah untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan PPLP, PPLPD maupun SKO Angkat Besi, memotivasi pengembangan pembinaan potensi olahraga angkat besi bagi atlet pelajar, juga dalam rangka memandu bakat atlet PPLP, PPLPD, dan SKO olahraga angkat besi, kemudian untuk memperbanyak frekuensi pertandingan, sehingga menambah pengalaman dan kematangan dalam bertanding, serta dalam rangka menjalin persahabatan antarsesama pelajar, khususnya yang dibina di PPLP, PPLPD dan SKO. “Melalui Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antar-PPLP, PPLPD dan SKO tahun 2019, ayo tingkatkan olahraga, dari Lampung Berjaya, menuju prestasi dunia,” ajaknya.

Facebook Comments
%d bloggers like this: